-
2021-10-23 11:52:20
-
By Admin
Profil Kesiswaan
NANANG EDY
SISWANTO, S.Pd.
WAKIL
KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN
SMK NEGERI
1 TARAKAN
A. Latar Belakang
Upaya peningkatan mutu Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia dan mampu
hidup bersaing adalah
tuntutan
dari
perkembangan
zaman pada saat
ini.
Oleh karena itu
upaya peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan di evaluasi secara
berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena perubahan-perubahan akibat perkembangan ilmu
pegetahuan
dan
teknologi (Iptek)
serta komunkasi menjadi semakin tidak
kentara.
Salah satu bagian yang penting dalam upaya tersebut adalah sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajban
untuk
mengembangkan
kemampuan
serta membentuk
watak dan
kepribadian bangsa yang
bermartabat, khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada kompetensi siswa yang diarahkan pada kompetensi multiple intelegensi sangatlah diharapkan. Oleh karena itu Upaya
pengembangan Potensi Diri Siswa sangatlah diperlukan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
B. Tujuan
1. Mengembangkan seluruh
potensi siswa
secara
maksimal,
baik
potensi akademik
maupun non akademik.
2. Menyiapakan warga negara menuju masyarakat belajar yang cerdas dan memahami nilai -nilai
masyarakat yang beradab.
3. Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hidup
(life skiill) yang
bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
4. Memberikan
kemampuan minimal untuk melanjutkan
ke
perguruan tinggi dan
hidup
bermasyarakat
5. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan
sekolah
6. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal
balik dengan lingkungan
sosial, budaya dan alam sekitar.
7. Meningkatan apresiasi dan
penghayatan seni.
8. Menumbuhkan sikap
berbangsa dan
bernegara dengan berdasarkan
Pancasila.
9. Meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani.
C. Ruang
Lingkup Pembinaan Kesiswaan
1. Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS)
2. Program Pembinaan Ekstrakurikuler
3. Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.
D. Dasar Hukum
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan
3. Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan
Pendidikan Menengah Kejuruan.
4. Permendiknas Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan
5. Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 tentang kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Menengah
6. Permendikbud Nomor 45 Tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
E. Sasaran Pembinaan
Sasaran Pembinaan adalah Upaya pemberdayaan Potensi Diri Siswa kelas X, XI dan XII SMK Negeri 1 Tarakan tahun pelajaran 2021/2022.
F. Hasil yang diharapkan
1. Mampu melahirkan SDM yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif, berdedikasi, mandiri dan profesional.
2. Mampu meningkatkan prestasi siswa sesuai bakat dan minat siswa.
3. Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa melalui jalur pembinaan penyelamatan siswa dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan siswa dan jalur pemberdayaan potensi diri.
G. Strategi Pembinaan
Melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olah Raga, serta instansi- instansi yang terkait dengan pengembangan kreatifitas siswa yang di fasilitasi dan dibimbing oleh :
1. Pembina OSIS
2. Pembina Ekstrakurikuler
3. Guru Bimbingan Konseling
4. Guru Mata Pelajaran
5. Pelatih
6. Berkoordinasi dengan guru BK untuk memberikan pelayanan Konseling secara khusus